Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menanam Cabai?

photo : shutterstock

Cabai atau cabe adalah tanaman yang harganya kadang melangit dan kadang murah saat panen raya. Saat harganya melangit, barang susah dicari dipasar, karena jarang yang bisa memproduksi saat tersebut. Tanaman Cabai juga dikenal sebagai tanaman yang musiman. Tapi banyak juga para petani yang mencoba untuk menanam cabai sepanjang tahun. Apakah hal itu akan berhasil?

Nah, ternyata tanaman cabai atau tanaman cabe,  memiliki waktu tertentu yang tentu saja akan maksimal hasilnya bila ditanam saat itu. Tanaman cabe akan maksimal pertumbuhan nya bila ditanam di antara awal musim hujan (Maret dan April ) da mejelang musim kemarau (Mei dan Juni). Hal itu berdasarkan rekomendasi Repositori Kementerian Pertanian Indonesia.

Nah, pertanyaan nya, apakah di luar musim itu , cabe akan menjadi jelek atau susah ditanam?

Ternyata, hal tersebut bisa diupayakan dengan membuat rekayasa pertanian. Hal ini bisa diakali dengan menggunakan mulsa dan paranet. Hal ini bisa menekan angka kemungkinan hama dan penyakit menyerang tanaman cabe di luar musim. Penanaman cabe juga menggunakan teknik hidroponik dan menggunakan polybag juga bisa dilakukan untuk mengatasi penanaman cabe di luar musim.  Sobat Wartamagetan mau mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published.