Horee, Magetan Timbang Opsi Buka Pasar Hewan

source : koranmemo

Semenjak Roda ekonomi pasar hewan terpaksa terhenti sejak ditutup pada 16 Mei 2022 akibat masih berlanjutnya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Magetan. Dinas Peternakan dan Perikanan Magitan terpaksa menutup sementara pasar hewan hingga masalah PMK mereda.

Namun, sebelum Idul Adha 2022, DPRD Magetan mengusulkan untuk sementara membuka pasar hewan agar pedagang ternak tetap bisa jual beli sapi yang akan dijadikan hewan kurban.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan, Noor Haryani, mengatakan pihaknya menutup sementara pasar hewan untuk menghentikan keluar masuknya hewan-hewan terbaik dari Magetan. Namun, pihaknya mengaku jika menyampaikan pendapat DPRD Magetan kepada wali amanat untuk mempertimbangkan pembukaan sementara pasar hewan sebelum Idul Adha.

“Kami masih membawa proposal ini ke pimpinan. Kalaupun ada pilihan untuk membuka pasar hewan dan hanya hewan kurban yang boleh didatangkan, berarti hanya hewan ternak yang benar-benar sehat yang boleh dibawa ke pasar hewan. Tapi kami tetap bilang Noor, Kamis (30/6/2022). .

Ia tidak memungkiri bahwa perdagangan ternak biasanya ramai, terutama menjelang Idul Adha 2022. Pesatnya penyebaran PMK memaksa pemerintah kabupaten menutup pergerakan ternak.

“ya Mbak. Setelah terindikasi Magetan terkena PMK, maka SOPnya adalah pasar hewan harus ditutup, dan sistem pertukaran sapi di luar Magetan dilarang. Dengan kata lain, seperti manipulasi Covid. Magetan dikunci sampai dipastikan tidak ada kasus Gejala klinis pada sapi positif PMK sudah sembuh dan sembuh. Tapi sebelum Idul Adha, kami coba pikirkan solusi untuk membuka pasar hewan.”

Magetaners, simak juga info kenaikan tarif listrik yang akan diberlakukan segera, kalian termasuk?

 

sumber : https://beritajatim.com/peristiwa/magetan-timbang-opsi-buka-pasar-hewan-jelang-iduladha/
Baca juga  Arab Saudi Idul Adha Sabtu 9 Juli, Pemerintah Indonesia Besoknya

Leave a Reply

Your email address will not be published.